Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memiliki fungsi yang kompleks dalam membantu sistem pembelajaran para pendidik di sekolah. Hal ini, tentu bergantung pada kemampuan mengelola dan memanfaatkan teknologi tersebut.

Di Indonesia sendiri, penggunaan teknologi di dalam kelas belum menjadi hal yang biasa kita temui, begitupun keterkaitannya dengan jumlah guru yang mampu menggunakan komputer dan memanfaatkannya untuk media pembelajaran. Kendala lainnya adalah, tidak tiap sekolah dapat memiliki kesempatan yang sama untuk meningkatkan kompetensi gurunya dalam memanfaatkan TIK.

Kondisi tidak meratanya kemampuan tiap guru dalam memanfaatkan TIK inilah yang menjadi fokus utama DPF dalam mencanangkan Teacher Competency Deveploment Program (TCDP).

Dengan mengacu kepada kerangka kerja kompetensi TIK untuk Guru yang dibuat oleh UNESCO, ICT Competency Framework for Teacher (ICT CFT) bahwasanya guru harus dibekali oleh 3 tingkat kemampuan yaitu; literasi teknologi, pendalaman pengetahuan, dan kreasi pengetahuan, maka TCDP merupakan solusi yang DPF tawarkan untuk membantu meningkatkan kompetensi guru, terutama guru-guru di daerah terkait TIK.

Berikut adalah visi misi dari Teacher Competency Development Program:

Visi

Menciptakan tenaga pengajar yang memiliki jiwa kepemimpinan dan mampu memanfaatkan teknologi menuju Indonesia terdidik TIK.

Misi

  1. Mendorong kreatifitas dan inovasi guna menciptakan program kerja yang berkesinambungan
  2. Memberikan edukasi dan motivasi kepada guru akan pentingnya pengembangan kompetensi dan kepemimpinan demi meningkatkan kualitas pendidikan.
  3. Memberikan pelatihan pemanfaatan TIK bagi sekolah yang sudah memiliki fasilitas namun minim dalam penerapan.
  4. Memberikan ruang bagi para guru untuk berbagi pengalaman dan pembelajaran terkait pemanfaatan TIK dalam proses pembelajaran.