DPF News

Kontes Media Pembelajaran 2018

Sejak 2010, Djalaluddin Pane Foundation menginisiasi Teacher Competency Development Program (TCDP) untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. TCDP sendiri memiliki tiga tahapan proses yang dimulai dari seminar, pelatihan dan pendampingan, serta kontes media pembelajaran.

Kontes media pembelajaran merupakan rangkaian terakhir dari program TCDP, dimana para guru diajak untuk berinovasi menciptakan media pembelajaran yang menarik dan efektif melalui powerpoint.

Pada tahun ini, Djalaluddin Pane Foundation mengangkat Guru dan Teknologi: Mengunggah Nilai Kebaikan dan Memperluas Makna Berbagi, sebagai tema utama dari kontes media pembelajaran. Dengan masifnya fenomena pendidikan yang kian berubah dan dipengaruhi oleh teknologi, maka kami merasa bahwa guru bisa berperan lebih untuk menjaga nilai-nilai kebaikan agar tetap hadir diantara tingginya penggunaan teknologi pada siswa hari ini. Dengan alasan yang sama, kami mengajak para guru untuk turut andil dalam mengunggah konten-konten edukasi dan menyebarkannya dengan bantuan teknologi. Dengan demikian, guru bisa berbagi dan berperan lebih luas, menjangkau siswa bukan lagi sebatas ruang kelas.

Selama kurang lebih tiga bulan, para Program Support dari Djalaluddin Pane Foundation telah diberi kesempatan untuk memberi pelatihan di lima sekolah berbeda di Labuhanbatu Selatan. Lima sekolah tersebut diantaranya SMK Pembangunan Silangkitang, SMK Mandiri Al-Wasliyah, Pesantren Tarbiyah Islamiyah, Pesantren Irsyadul Islamiyah, dan SMP Siti Banun. 

Masing-masing guru dari sekolah tersebut menampilkan media pembelajaran yang mereka rancang sendiri. Fokusnya bukan saja pada media yang mereka berikan, tapi juga bagaimana konten dari mata pelajaran bisa dikaitkan pada isu sosial yang relevan dengan tema dari Kontes Media Pembelajaran kali ini.

Kontes Media Pembelajaran dilaksanakan pada Minggu, 25 November di Hotel Ibis Styles Medan. Acara dimulai pukul 08.00 wib hingga pukul 17.30 dengan masing-masing guru diberikan kesempatan tampil selama 30 menit mempresentasikan media pembelajaran mereka.

Zul Ependi Hasibuan, Hamda Jamili, dan Abdul Malik Pohan tampil sebagai pemenang dari Kontes Media Pembelajaran tahun ini. Masing-masing berasal dari Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah dan SMP Bunda Siti Banun Labuhanbatu Selatan.

Share
Twitter
ARIYANTI

Staf konten dan media Djalaluddin Pane Foundation

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2016 Djalaluddinp Pane Foundation .