Teacher Competency Deveploment Program (TCDP) merupakan program unggulan Djalaluddin Pane Foundation (DPF) untuk meningkatkan kompetensi guru.

Program ini diwujudkan melalui beberapa tahap rangkaian kegiatan, diantaranya;

  1. Seminar TIK. Sebagai tahapan awal, seminar ini ditujukan untuk awareness dan juga motivasi guru agar terus meningkatkan kompetensi mereka dibidang TIK.
  2. Pelatihan TIK bagi guru-guru di daerah. Pada tahapan ini, tim kami akan memberikan materi yang kompleks dan beragam mengenai media pembelajaran berbasis TIK.
  3. Tahap pendampingan. Tahapan ini merupakan tahap lanjutan dari masa pelatihan, dimana guru-guru yang telah diberi pelatihan, akan dimonitoring untuk mengaplikasikan materi-materi selama pelatihan ke dalam metode pembelajaran.
  4. Kontes media pembelajaran. Kontes ditujukan untuk mengasah kompetensi guru dalam menampilkan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif. 

TCDP merupakan solusi yang DPF tawarkan untuk membantu meningkatkan kompetensi guru, terutama guru-guru di daerah terkait TIK. Hal ini juga mengacu kepada kerangka kerja kompetensi TIK untuk Guru yang dibuat oleh UNESCO, ICT Competency Framework for Teacher (ICT CFT) bahwasanya guru harus dibekali oleh 3 tingkat kemampuan yaitu; literasi teknologi, pendalaman pengetahuan, dan kreasi pengetahuan.

Dengan mengutamakan prinsip suistainable program, TCDP dijalankan selama 5 bulan di sekolah-sekolah yang telah melakukan assesstment, hal ini untuk melihat kemampuan sekaligus penentuan jenis pelatihan yang akan dilakukan.

Konsep berbagi dan menginspirasi yang menjadi landasan DPF selama ini juga turut mengambil peran dalam pelatihan, dimana selain berfokus dengan TIK, tim DPF yang bertanggung jawab menjalankan pelatihan juga harus membangun semangat dalam pengembangan skill pemuda daerah, sesuai dengan keahlian yang terdapat di masing-masing di daerah tersebut.